Pengertian dan Cara Membuat Value Proposition

19 Oktober 2022

Innovation is the process of transforming an idea or concept into a functional and marketable value proposition reflecting creative opportunity.

Robert E. Davis

Value proposition merupakan istilah yang sering ditemukan pada dunia bisnis. Istilah tersebut banyak dipergunakan perusahaan ketika memasarkan serta mempromosikan produk maupun layanan.

Value proposition atau proposisi nilai yaitu sejumlah nilai yang dipunyai perusahaan, sehingga nantinya para calon konsumen dapat memutuskan dalam memilih produk maupun layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Pengertian & Elemen Value Proposition

Pertanyaan seperti apa itu value proposition sering ditanyakan untuk para pemula yang baru terjun ke dunia bisnis. Untuk memahami penjelasan tersebut dengan lebih baik maka simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian

Apa itu value proposition? Value proposition merupakan sebuah strategi yang dilakukan pada suatu perusahaan yang mana caranya memadukan nilai unik di antara harga, produk, hubungan, layanan serta citra yang ditawarkan ke target pelanggan.

Value proposition mendorong pelanggan, sehingga akan membuat konsumen lebih memilih produk yang kalian tawarkan dibandingkan dengan produk perusahaan lain. Hal seperti ini dianggap sebagai alasan kuat untuk mempengaruhi konsumen agar memilih produk perusahaan tertentu.

Value proposition adalah gabungan dari nilai produk dan dilihat dari berbagai unsur kuantitatifnya (harga) dan unsur kualitatif (pengalaman pelanggan). Jadi value proposition merupakan nilai produk maupun layanan dari perusahaan kepada konsumen supaya konsumen mampu memilih produk maupun layanan yang ditawarkan.

Elemen Value Proposition

Pertanyaan mengenai apa itu value proposition sudah dijawab melalui penjelasan diatas dan diketahui bahwa proporsi nilai sangatlah penting. Di pasar kompetitif pada dunia modern, proporsi nilai tadi yang menjadi pembeda antara perusahaan dengan kompetitornya.

Supaya proporsi nilai bisa memberikan sebuah dampak positif tentu saja harus ada elemen-elemen tertentu di dalamnya. Elemen tersebut dibuat guna mengkomunikasikan gagasan seperti konsumen mampu menerima nilai maupun manfaat setinggi-tingginya pada pembelian produk perusahaan.

Terdapat 11 elemen value proposition yang dapat diterapkan pada perusahaan. Adapun elemen tersebut sebagai berikut ini:

  • Pembaruan
  • Kinerja
  • Kustomisasi
  • Membantu pelanggan
  • Desain
  • Citra Merek
  • Harga
  • Pengurangan Biaya
  • Mengurangi Risiko
  • Aksesibilitas
  • Kenyamanan

Cara Membuat Value Proposition

Informasi mengenai apa itu value proposition dan elemennya sudah diketahui, maka cara membuatnya pun harus diketahui tahapannya. Ada tiga elemen penting terkandung di dalamnya seperti berikut ini.

  • Kelebihan produk yang ditawarkan ke pelanggan ketika memakai produk.
  • Manfaat yang didapatkan ketiak pelanggan sudah menggunakan produk.
  • Alasan kenapa produk tersebut harus dipilih dan apa yang menjadi pembedanya dibandingkan produk pesaing.

Tentunya keikutsertaan elemen-elemen diatas sangatlah penting. Tujuannya supaya value proposition yang dihasilkan menarik bagi para pelanggan. Saat pemahaman akan elemen tadi dilakukan dengan benar maka langkah-langkah pembuatannya menjadi mudah.

1. Identifikasi kebutuhan konsumen

Ketahui dan catat berbagai permasalahan yang ada pada konsumen pada saat sebelum, saat memakai produk, dan sesudahnya. Tentunya dengan melakukan hal tersebut kalian akan lebih mudah dalam melakukan identifikasi kebutuhan konsumen. Jadi pertama mengingat pentingnya apa itu value proposition terlebih dahulu sehingga elemen ini bisa lebih dimaksimalkan.

2. Kelebihan dan manfaat produk

Kumpulkan kelebihan serta manfaat produk yang ditawarkan perusahaan. Kedua hal tadi bila digabungkan dapat menjadi suatu keunggulan tersendiri dan membuatnya berbeda dari pesaing di pasaran. Jadi pemahaman mengenai apa itu value proposition juga harus dipahami terlebih dahulu.

3. Menjelaskan nilai produk

Tentunya setelah mengumpulkan informasi terkait kelebihan dan manfaat layanan atau produk tadi kalian sudah bisa menjelaskan mengenai nilai produknya. Sehingga ketika akan meyakinkan konsumen mengapa produk atau layanan tadi mempunyai nilai yang penting akan lebih mudah.

4. Hubungkan antara nilai produk dan masalah konsumen

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu perusahaan harus mampu menghubungkan nilai penting tadi dengan masalah konsumen. Sehingga akan diambil benang merah bahwa produk yang ditawarkan menjadi suatu solusi yang tepat bagi konsumen ketika menggunakannya.

5. Posisikan diri menjadi konsumen

Saat menghasilkan produk usahakan tidak memposisikan diri menjadi produsen dan konsumen. Jangan lupa lakukan evaluasi yang berkaitan dengan nilai proposisi pada produk yang telah dihasilkan. Ketika ada nilai yang kurang jangan ragu untuk melakukan perbaikan.

Demikian penjelasan soal apa itu value proposition, elemen-elemennya, dan cara membuatnya. Perusahaan sangat penting untuk memilikinya dikarenakan ini merupakan salah satu kunci supaya produk diminati calon pelanggan.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai pentingnya value proposition pada sebuah bisnis dan cara menggunakan value proposition canvas. Setiap bisnis sebaiknya memiliki hal yang satu ini karena value proposition adalah kunci agar produk bisa diminati oleh calon pelanggan.